Pilih Genset Diesel atau Genset Bensin?

Bagi Anda yang lelah dengan adanya pemadaman listrik dadakkan dan bergilir, pastinya ada keinginan untuk membeli genset sebagai alat cadangan yang menghasil tenaga listrik. Ada baiknya Anda mempertimbangkan terlebih dahulu genset apa yang cocok untuk Anda. Banyak yang bimbang tentang lebih baik genset diesel atau bensin. Yuk, kita simak!

Hal yang perlu diketahui terlebih dahulu adalah kedua jenis genset ini sama-sama melakukan proses pembakaran secara tertutup. Anda perlu mempertimbangkan beberapa perbedaan masing-masing produk genset.

  1. Bahan Bakar

Merujuk pada jenis genset yakni genset diesel dan genset bensin dapat diketahui bahwa bahan bakar yang digunakan adalah tipe solar dan bensin. Persamaan antara kedua bahan bakar ini yaitu sama-sama mudah terbakar. Namun bensin memiliki nilai oktane yang menunjukkan bahwa seberapa kuat bahan bakar terhadap tekanan. Pemakaian bensin dilakukan karena bahan bakar ini mudah menguap sehingga dapat cepat menyatu dengan udara dan tahan tekanan kompresi.

  1. Sistem Pengapian

Genset berbahan bakar bensin menggunakan busi sebagai pemantik api.sementara itu pada genset diesel menggunakan ‘self ignition’ yakni dapat melakukan pembakaran sendiri. Hal ini disebabkan karena rasio kompresi yang terdapat pada genset diesel lebih tinggi dibandingkan kompresi genset bensin. Tekanan kompresi tersebut memberikan efek yang dapat membakar bahan bakar solar.

  1. Langkah Kompresi

Langkah kompresi terjadi karena piston yang bergerak dari bawah ke atas dalam keadaan semua katup menutup dan ruang silinder terisi oleh materi. Gerakan yang dihasilkan akan mempersempit ruang silinder yang mengakibatkan udara di dalam ruang silinder akan tertekan.

Pada genset bensin terdapat dua materi yang dikompresi yaitu udara dan bensin. Saat kompresi berlangsung akan terjadi penyempitan ruang silinder yang akan mengubah materi menjadi gas yang mudah meledak jika ada sedikit percikan api sekalipun.

  1. Performa Mesin

Salah satu pertimbangan yang sangat penting ialah performa. Genset bensin memiliki horse power yang lebih besar dibandingkan genset diesel. Namun genset bensin lebih cepat panas dan memiliki umur yang singkat dari pada genset diesel.

Genset diesel memang dulunya terkenal dengan kebisingan dan mahal dalam perawatan. Namun, saat ini telah tersedia genset diesel modern yang tidak memiliki biaya perawatan mahal dan juga tidak bising saat dinyalakan.

  1. Emisi yang dihasilkan

Jika dilihat dari bahan bakarnya saja dapat kita simpulkan bahwa emisi yang dihasilkan genset berbahan bakar bensin kurang baik terhadap lingkungan. Gas buang yang dihasilkan adalah NOx yang merupakan faktor utama pemicu hujan asam. Namun gas buang yang dihasilkan oleh genset bensin tidak banyak dibandingkan dengan genset diesel yang juga menghasilkan emisi yang sama-sama berbahaya.

Masih bingung ingin memiliki genset jenis yang mana?

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *