Kelebihan dan Kekurangan Genteng Ringan

Genteng ringan merupakan genteng yang paling populer untuk saat ini. Meskipun populer tidak menutup kemungkinan terdapat kekurangan pada genteng tersebut. Yuk, simak apa saja kelebihan dan kekurangan genteng ringan.

Genteng Metal

  1. Kelebihan Genteng Metal

Genteng baja ringan metal memiliki daya tahan yang sangat tinggi karena antipecah, antijamur, antilapuk dan antirayap. Bobot lumayan ringan membuat genteng ini cocok digunakan pada daerah yang rawan gempa. Harga yang cukup murah berkisar Rp 30.000 hingga Rp 50.000 per lembar sesuai merek, ketebalan serta jenisnya.

  1. Kekurangan Genteng Metal

Pengelupasan warna yang cenderung cepat banyak dikeluhkan oleh penghuni rumah beratap metal. Kebisingan yang ditimbulkan juga merupakan salah satu kekurangan pemakaian genteng metal.

Genteng Aspal

  1. Kelebihan Genteng Aspal

Genteng aspal bersifat lentur serta tahan air dan api. Beberapa produsen mengklaim bahwa produknya mampu bertahan dalam kecepatan angin hingga 96,5 km/jam. Genteng ini dapat meredam suara yang berasal dari luar rumah sehingga tidak bising saat hujan sekalipun.

  1. Kekurangan Genteng Aspal

Harga atap genteng ringan berbahan aspal ini tergolong lumayan mahal. Saat proses pemasangan perlu dilandasi multipleks terlebih dahulu sebelum dilapisi genteng aspal. Hal ini guna memperkuat struktur genteng asal meskipun memerlukan biaya tambahan saat pemasangan.

Genteng Terakota

  1. Kelebihan Genteng Terakota

Genteng ini terbuat dari tanah liat dengan proses pembuatan tradisional yang mirip dengan pembuatan batu bata. Harga genteng jenis ini lumayan ramah di kantong dengan bobotnya yang ringan.

  1. Kekurangan Genteng Terakota

Genteng jenis ini tidak memiliki ukuran yang bervariasi serta bentuknya juga monoton. Hal ini menyebabkan Anda tidak dapat memilih sesuai selera.

Genteng Sirap

  1. Kelebihan Genteng Sirap

Genteng sirap memiliki warna yang bervariasi serta ketebalan dengan potongan unik sehingga tampak alami. Rumah yang menerapkan genteng ini akan terasa lebih sejuk. Genteng ini juga kokoh serta tahan lama meskipun berbahan dasar kayu.

  1. Kekurangan Genteng Sirap

Genteng sirap sulit didapatkan sehingga harganya lebih mahal. Terbuat dari kayu ulin menyebabkan genteng ini membutuhkan perawatan lebih khusus dan teratur.

Demikianlah ulasan mengenai kelebihan serta kekurangan genteng ringan.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *