Petunjuk Kerja Memasak Nasi Menggunakan Rice Cooker Gas

Mendengar kata rice cooker tentu sudah tidak asing lagi khususnya di rumah tangga. Alat elektronik untuk memasak nasi ini memang sangat bisa diandalkan agar memasak nasi menjadi lebih hemat waktu, hemat tenaga, hemat gas, dan lain sebagainya.

Penggunaan gas rice cooker sering sekali dianggap sepele oleh kebanyakan orang. Padahal ada beberapa cara dalam menggunakan rice cooker sehingga nasi yang dihasilkan baik, dan rice cooker juga tidak mudah rusak.

Petunjuk kerja dalam menggunakan rice cooker gas

  1. Pastikan jika semua alat sudah terpasang dan terhubung dengan benar dan tepat. Seperti alat pembakar, casing luar, penutup, panci, dan penutupnya dalam posisi yang tepat dan pas.
  2. Nyalakan pipa gas rice cooker.
  3. Tekan tombol start di sebelah kiri rice cooker gas sampai berbunyi klik dan lepaskan. Pastikan juga setelah menekan tombol, lampu indikatornya menyala. Jika lampu indikator tidak hidup, maka ulangi lagi sampai lampu indikatornya menyala.
  4. Tekan tombol cook untuk memulai memasak nasi dengan waktu 20 sampai 30 menit dan 10 menit untuk mematangkan nasi sampai nasi benar-benar pulen dan enak.

Siapkan beras untuk dimasak

Cara untuk menyiapkan beras yang akan dimasak menggunakan gas rice cooker antara lain:

  1. Beras diukur menggunakan gelas takaran yang sudah disediakan oleh rice cooker. Namun Anda bisa juga menggunakan gelas biasa di rumah. Hal tersebut untuk memudahkan takaran beras yang ingin dimasak.
  2. Beras yang baik maka hasil juga akan baik. Sebaiknya membersihkan beras 3-4 kali cucian hingga bersih. Sedangkan ukuran maksimal untuk memasak nasi dalam rice cooker kebanyakan adalah 10 gelas, namun tergantung juga pada besar ukuran panci.
  3. Air yang digunakan juga harus sesuai yaitu kira-kira berjarak 2 cm dari atas permukaan beras atau 3 per 4 dari ukuran jari kelingking. Apabila air terlalu banyak maka nasi akan menjadi lembek, sebaliknya jika kekurangan maka nasi akan gosong atau tidak matang.

Pemasangan rice cooker gas dan proses memasaknya

  1. Letakkan panci beras yang telah diisi beras bersih dan air pada tempat untuk meletakkan panci.  Pastikan posisi panci telah pas dan tidak miring.
  2. Kemudian tutuplah dengan gas rice cooker dengan tepat dan benar, lalu nyalakan kompor rice cookernya. Jangan pernah mencoba untuk membuka tutup panci saat proses memasak sedang berlangsung. Karena jika pun sudah selesai, maka tombol cook otomatis akan berada diposisi atas atau naik dan kompor pembakaran otomatis juga akan mati. Jika sudah demikian, hangatkan nasi terlebih dahulu, atau jangan langsung dibuka dan disajikan.
  3. Langkah terakhir adalah lepaskan penyangganya, namun pastikan tombol warm tetap menyala. Agar nasi tetap selalu hangat ketika ingin disantap.

 

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *