Peluang Bisnis E-Commerce

Praktik corporate e-commerce logistics beberapa tahun belakangan ini semakin jadi sorotan dengan indikator tingkat transaksi konsumen melalui jaringan internet. Bagaimanapun, teknologi yang semakin progresif memunculkan banyak peluang termasuk kemunculan praktik e-commerce ini. Anda pun dapat ikut ambil bagian dan menjadi salah satu pelaku bisnis e-commerce yang bukan hanya bergerak di tataran lokal melainkan secara global. Nah, apa saja bentuk peluang bisnis itu?

  1. Marketplace

Anda tentu sudah tidak asing dengan platform marketplace yang semakin banyak dan menyediakan aplikasi-aplikasi yang dapat dipasang langsung ke smartphone. Ya, inilah era baru konsumen yang memiliki privilege memilih produk yang akan mereka beli tanpa harus pergi ke satu toko ke toko lain. Bahkan sesama pemilik akun pun dapat berinteraksi dan bertransaksi menjual dan membeli barang. Pihak fasilitator corporate e-commerce logistics ini memperoleh keuntungan dari perolehan iklan dari akun-akun premium serta komisi yang didapatkan dari masing-masing transaksi.

  1. Toko Online

Jenis e-commerce yang lebih duluan populer dibandingkan marketplace dan sampai hari ini pun masih bertahan dan berkembang pesat. Pelaku bisnis UKM pun dapat mendirikan toko online sendiri dengan keuntungan mengakses jaringan konsumen yang lebih luas, memungkinkan transaksi antara kota, antara pulau, dan bahkan antar negara. Praktik pengelolaan toko online pun semakin mudah dipelajari secara individu atau dapat dikelola secara berkelompok.

  1. Media Sosial

Banyak orang yang lebih menyukai cara berjualan dan cara membeli di akun media sosial. Fitur-fitur baru yang disematkan di sebagian media sosial populer nampaknya sangat memfasilitasi kebutuhan transaksi para penjual dan pembeli. Metode penjualan lewat media sosial pun dinilai lebih efektif karena mampu menjangkau berbagai lapisan dan latar belakang konsumen yang beragam.

Masih banyak contoh-contoh lain dari praktik corporate e-commerce logistik yang sangat layak dijadikan peluang bisnis baru. Namun satu hal penting adalah tata cara logistik e-commerce yang mesti dipahami dan dikelola secara profesional. Mulai dari prosedur pengemasan barang, pengiriman, hingga klaim yang menjadi hak konsumen dengan standarisasi yang diberlakukan.

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *