Hal Yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Menggunakan Rangka Galvalum

Penggunaan rangka galvalum atau baja ringan untuk atap memang sudah  banyak dilirik masyarakat, dikarenakan sifatnya yang tahan lama dan berbagai keuntungan lainnya membuat rangka galvalum sudah banyak digunakan di berbagai daerah. Namun sebelum anda berniat menggunakan baja ringan ini, ada beberapa kekurangan nya yang tentu saja harus anda pertimbangkan.

Kekurangan Baja Galvalum

  1. Material Baja Ringan Masih Terbilang Mahal
    Penggunaan Rangka Galvalum atau baja ringan untuk atap masih terbilang mahal dibandingkan dengan menggunakan atap ber rangka kayu. Namun, dengan materialnya yang yang bisa digunakan jangka panjang dan pemasangan yang mudah, rangka galvalum saat ini bisa dibilang lebih terjangkau. Biaya perawatannya yang hemat pun tentu saja sangat perlu dipertimbangkan. Namun memang untuk pemasangan awal, diperlukan biaya yang lebih tinggi.
  2. Perlu Perhitungan yang Lebih Teliti
    Diperlukan perhitungan yang sangat teliti dalam menggunakan baja ringan, karena itulah diperlukan tenaga ahli dalam pemasangannya. Jika ada bagian yang salah dalam perhitungannya maka hal ini bisa berakibat buruk ke bagian atap yang lain. Diperlukan ketelitian yang lebih dalam pengerjaan rangka atap galvalum dibandingkan dengan material lain. Bahkan jika ingin benar – benar sempurna pengerjaan juga memerlukan gambar
  3. Jika Struktur Atap Terekspos Akan Menjadi Tidak Indah
    Berbeda dengan kayu yang memiliki keindahan estetika yang alami jika terekspos. Menggunakan baja ringan tidak akan menampakkan keindahan estetika ketika terekspos. Karena itulah diperlukan pemasangan plafon pada rangka atap galvalum untuk memperindah suasana dalam ruangan.

Itulah beberapa kekurangan yang dimiliki dari penggunaan baja ringan sebagai material pembuatan rangka dan atap rumah. Baja ringan merupakan material yang tipis, ringan namun sangat kuat untuk dijadikan rangka atap. Terdapat berbagai jenis baja dan setiap jenisnya tentu saja memiliki fungsi yang berbeda. Untuk baja ringan yang digunakan sebagai rangka atap menggunakan baja yang tegangan tarikannya tinggi. Meskipun di atas merupakan kekurangan dalam penggunaan rangka galvalum, namun ada juga kelebihan – kelebihannya. Pilihlah rangka yang menurut anda baik untuk rumah anda.

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *