3 Hal Berbahaya yang Harus Dihindari saat Bermain Perosotan Anak

Saat ini sudah banyak distributor perosotan anak karena perosotan merupakan salah satu permainan menyenangkan bagi anak. Namun, jika dilakukan dengan tidak hati-hati, bahkan di luar pengawasan Anda sebagai orang tua, justru akan menimbulkan bahaya. Risiko mengalami gegar otak akibat kepala terbentur tanah yang keras atau mengalami patah tulang pada saat melakukan pendaratan yang menjadi sangat besar. Agar hal tersebut tidak terjadi, pahami dan hindari beberapa hal yang dapat membahayakan permainan perosotan berikut ini.

Bermain Bersama Anak
Terkadang, karena terlalu khawatir dengan keselamatan anak, orang tua ikut bermain perosotan bersama anak. Sang anak dipangku dan orang tua melakukan peluncuran di atas papan perosotan anak. Hal ini sebenarnya justru akan membahayakan, tidak hanya bagi orang tua, namun juga anak. Jika papan seluncur ternyata tidak kuat untuk menahan beban orang tua, alat perosotan akan patah. Orang tua dan anak yang sedang meluncur pun akan terjatuh. Tidak hanya itu, bermain bersama anak di papan perosotan juga membuat anak menjadi tidak percaya diri untuk melakukannya sendiri.

Tidak Diawasi Orang Tua
Bermain perosotan tanpa diawasi orang tua atau orang yang lebih dewasa juga sangat berbahaya. Sebab, pada saat anak melakukan beberapa kesalahan, misalnya naik tangga dengan terburu-buru, berebut untuk naik tangga, hingga meluncur dengan posisi tidak benar, maka tidak ada yang memperingatkannya. Oleh karena itu, awasilah anak pada saat bermain perosotan. Dalam hal ini, Anda tidak perlu sampai memegangi tubuh sang anak. Cukup berdiri di sekitar papan perosotan atau menunggu di bawah papan untuk menjaga agar anak tidak terjatuh. Mintalah anak untuk menunggu antrian agar menghindari berebutan. Lebih dari itu, laranglah anak jika melakukan manuver yang berbahaya, seperti jalan naik di atas papan seluncur, meluncur dengan badan tertelungkup, dan sebagainya.

Menggunakan Sepatu Berbahan Karet
Menggunakan sepatu dengan bahan karet juga berbahaya bagi keselamatan anak pada saat bermain permainan yang satu ini. Sebab, bahan karet dapat menghambat proses meluncur anak. Akibatnya, anak menjadi mudah terjungkal karena badan sudah mengikuti arah gravitasi terlebih dahulu, sementara kakinya masih terhambat karena bahan karet dari sepatu. Oleh karena itu, akan lebih aman jika sepatu dilepas saat bermain.

Selain itu Anda dapat mencari distributor perosotan anak yang menyediakan perosotan di outodoor ataupun indoor. Tentunya akan lebih mudah bagi Anda sebagai orang tua untuk mengawasi anak-anak ketika mereka bermain di rumah.

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *