Langkah-Langkah Mengemas Paket Jasa Pengiriman Luar Negeri

Tidak sama dengan pengiriman barang di dalam negeri, paket yang diantarkan ke luar negeri oleh jasa ekspedisi akan memerlukan waktu yang lama. Proses perpindahan tempat, kendaraan, dan perubahan temperatur dapat berpengaruh terhadap kualitas barang yang disimpan di dalam. Paket yang dikemas dengan baik tentu akan sampai di tempat tujuan dengan baik. Berbeda halnya jika Anda tak acuh terhadap proses pengemasan atau packing. Agar paket jasa pengiriman luar negeri tidak rusak sebelum tiba di tujuan, berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu diperhatikan

 

  • Memahami Karakter Barang yang Hendak Dikirim

Untuk hal ini, pengirim harus mampu menempatkan barang yang akan dikirim. Apakah barang tadi sifatnya pecah belah seperti kaca dan keramik, mudah diatur seperti kertas dan kain, atau akan melewati beberapa proses pemeriksaan seperti perangkat elektronik dan gadget. Setelah mengetahui karakternya, Anda dapat menyesuaikan bungkus yang akan dipilih. Contohnya adalah plastik dan lakban atau karung jika ukurannya lebih besar. Pastikan barang tersebut dikemas dengan kuat dan rapi.

 

  • Menyusun Barang Serapi dan Serapat Mungkin

Jika barang untuk jasa pengiriman luar negeri lebih dari satu atau terdiri dari beberapa kemasan paket, maka susunlah serapat dan serapi mungkin. Apalagi jika barang yang dikirimkan adalah gadget seperti smartphone yang terdiri dari beberapa komponen. Anda dapat berkonsultasi lebih dulu dengan agen pengiriman untuk mengemas paket yang rawan rusak atau cacat selama proses pengiriman. Jasa cargo yang sudah sering mengirim barang ke luar negeri akan mempersiapkan packing khusus.

 

  • Membungkus Barang Secara Berlapis

Pastikan barang atau paket yang akan dikirim terbungkus secara berlapis agar barang di dalam kemasan tersebut tidak mudah rusak. Sebagai contoh, lapisan pertama adalah plastik agar barang tidak mudah basah atau terkena air. Lapisan kedua adalah bubble wrap agar barang terhindar dari benturan langsung. Lapisan yang ketiga dapat menggunakan kardus tebal kemudian ditempel dengan alamat penerima serta identitas pengirim. Lapisan terakhir adalah lakban bening atau selotip untuk membungkus seluruh bagian paket. Pastikan ukuran kemasan tersebut sesuai barang agar fisiknya tidak rusak karena goresan atau benturan.

 

  • Alamat Penerima Tercantum Dengan Lengkap

Banyak orang mengabaikan proses pemeriksaan ulang. Padahal, dalam proses pengiriman internasional akan memerlukan waktu dan ongkos kirim yang lebih banyak. Jika paket tersebut sampai diretur, Anda selaku pihak pengirim tentu akan rugi dan pihak penerima juga harus menunggu lama karena proses pengiriman ulang. Untuk itu, pastikan semua alamat tercantum dengan lengkap. Jika memungkinkan tanyakan kebenaran alamat pada penerima agar paket sampai sesuai dengan estimasi.

Demikian beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengemas paket untuk jasa pengiriman luar negeri. Pada umumnya, jasa ekspedisi akan memberikan bungkus tambahan untuk paket agar barang lebih aman dan tiba dalam keadaan selamat sampai di tangan penerima.

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *