Tes Kesuburan Wanita secara Manual

Wanita Hamil

Peluang terjadinya kehamilan dapat dimaksimalkan probabilitasnya apabila hubungan seks dilakukan tepat pada saat tubuh wanita sedang dalam masa suburnya atau masa ovulasinya. Sehingga perlu diketahui waktu tepat masa ovulasinya atau masa suburnya tersebut terjadi. Untuk mengetahui masa subur dapat dilakukan dengan menggunakan alat tes kesuburan wanita.

Tes Kesuburan Wanita secara Manual

Guna mengetahui masa subur tersebut maka bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan metode manual. Secara manual maka masa subur atau masa ovulasi tersebut dapat diketahui dengan menggunakan sistem perhitungan kalender.

Cara Menghitung Masa Subur Wanita secara Manual

Dengan perhitungan kalender maka secara manual bisa diketahui perkiraan waktu masa subur atau jatuhnya saat masa ovulasi seorang wanita. Caranya ialah dengan menghitung pada hari ke 13 dan hari ke 14 setelah selesainya masa haidnya. Meski cara ini hanya perkiraan dan kurang tepat namun bisa menjadi petunjuk mengenai perkiraan masa atau waktu ketika peluang terjadinya kehamilan cukup tinggi. Secara manual bisa diketahui bahwa pada umumnya masa subur atau masa ovulasi seorang wanita itu akan terjadi sekitar 16 hari sesudah mengalami haid hari pertama atau pada rentang kurun waktu sekitar 14 hari sebelum waktu haid yang berikutnya terjadi. Dengan demikian maka jika sperma dari sang suami bisa bertemu dan menyatu dengan sel telur sang istri yang ada pada rahim tubuh wanita, atau terjadinya hubungan suami istri atau hubungan badan pada masa-masa itu maka akan besar peluangnya untuk dapat terjadi kehamilan.

Apa Sebenarnya Masa Subur itu

Masa subur atau disebut juga sebagai masa ovulasi adalah suatu masa atau kurun waktu atau periode tertentu pada siklus tubuh seorang wanita, yakni ketika sel telurnya sudah mengalami kematangan dan lalu terlepas dari ovariumnya dan kemudian menuju ke rahim, maka fase itulah yang lalu disebut sebagai masa subur wanita itu atau masa ovulasi wanita itu. Pada masa ovulasi atau masa subur tersebut maka akan sangat besar kemungkinannya bahwa sel telur yang ada pada tubuh wanita, atau sang istri itu jika bertemu dengan sperma kaum lelaki, atau milik sang suami, kaka akan lebih tinggi dan besar sekali kemungkinan peluangnya untuk bisa terbentuk menjadi suatu embrio dan lalu terjadilah suatu kehamilan.

Itulah salah satu cara tes kesuburan secara manual.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Post