Wajib Tahu Pengertian Kredit Modal Kerja Untuk Memulai Bisnis Usaha

Dalam memulai sebuah bisnis usaha, seseorang tentu harus mempertimbangkan berbagai faktor. Di antaranya seperti faktor modal, lokasi usaha, target usaha, dan lain – lain. Berbicara soal modal usaha ini, banyak orang yang beramai – ramai meminjam kredit modal kerja untuk memulai sebuah bisnis. Lalu, apa yang dimaksud dengan kredit modal kerja?

Apa itu kredit modal kerja?

Kredit modal kerja merupakan sebuah fasilitas kredit modal yang diberikan kepada perorangan atau lembaga usaha dalam bentuk rupiah untuk membiayai sebuah usaha yang akan dirintis. Biasanya, kredit modal ini memiliki jangka waktu yang pendek, yakni maksimal selama 1 tahun. Sementara itu, untuk nilai pencairan kredit modal sendiri biasanya maksimal 70% dari total kebutuhan modal kerja. Dengan jaminannya yakni usaha yang dijalakan pelaku usaha atau lembaga usaha itu sendiri. Dan sisanya yakni 30% biasanya dibiayai dengan modal yang dimiliki sendiri.

Secara umum, kredit modal kerja ini memiliki tujuan utama yakni untuk mendukung perkembangan dan kemajuan usaha yang dijalankan oleh para pelaku usaha, baik itu para pengusaha kecil dan menengah. Dengan adanya kredit modal ini, maka akan sangat menguntungkan bagi kedua belah pihak. Untuk pinjaman dari kredit modal kerja ini, biasanya dilakukan dalam pinjaman rekening koran dan pinjaman aksep.

  • Pinjaman rekening koran 

Merupakan sebuah fasilitas kredit modal yang diberikan kepada nasabah untuk melakukan penarikan dengan bebas tanpa terikat waktu melalui rekening korannya. Pada pinjaman ini, nasabah akan menggunakan sebuah cek atau BG.

  • Pinjaman aksep 

Merupakan sebuah fasilitas kredit modal yang dapat ditarik dengan waktu kapan saja dan dikembalikan dengan nasabah yang memberitahukan lebih dulu sebelumnya kepada pihak bank. Dalam melakukan penarikan, nasabah biasanya akan menyerahkan sebuah surat aksep berdasarkan jumlah modal yang akan ditarik. Namun, nasabah juga harus memperhatikan bahwa untuk pinjaman aksep ini boleh dilakukan berulang kali selama tidak melebihi batas plafon yang ditentukan. Ada dua jenis pinjaman aksep yakni pinjaman Aksep (PA) dan Pinjaman Aksep Conditional (PAC).

Demikian informasi mengenai kredit modal kerja untuk memulai bisnis usaha, semoga bermanfaat.

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *